Tips Ini Harus Dilakukan Ketika Ponsel Tercebur Air

Meskipun beberapa ponsel sudah memanfaatkan fitur anti air, tapi air tetap menjadi musuh utama bagi barang elektronik, terutama untuk ponsel.

Berikut beberapa tips apabila ponsel Anda tercebur ke dalam air.

1. Langsung mematikan ponsel

Jangan mencoba untuk menghidupkannya kembali, karena komponen di dalam ponsel memiliki aliran listrik melalui baterai. Listrik sangat tidak bersahabat dengan air. Jika dibiarkan hidup, maka komponen lain dari ponsel Anda akan perlahan rusak.

2. Buka seluruh penutup ponsel


Buka dengan hati-hati penutup casing belakang (bagi ponsel yang masih menggunakan baterai non tanam). Keluarkan juga kartu sim dan kartu memori eksternal. Jika Anda seorang teknisi ponsel yang memiliki pengalaman, silakan buka semua bagian ponsel agar air dapat mengering lebih cepat.

3. Masukan ponsel Anda ke dalam beras

Ambil beras secukupnya ke dalam wadah kemudian masukan ponsel basah Anda ke dalamnya lalu diamkan selama 24 jam, karena beras memiliki daya serap tinggi terhadap air. Apabila setelah itu ponsel Anda masih bermasalah, segera masukan kembali ke dalam beras untuk 24 jam berikutnya.

4. Gunakan Silica Gel

Silica Gel terkenal sebagai zat penyerap lembab yang baik. Anda dapat mencoba menggunakan benda ini dengan cara yang sama seperti menggunakan beras.

5. Sebaiknya jangan gunakan hair dryer atau menjemur ponsel dibawah sinar matahari langsung
 

Perlu diketahui, suhu yang tinggi dapat merusak sebagian komponen dari ponsel Anda. Hal ini justru akan membuat ponsel Anda bermasalah di kemudian hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel