Cara Mudah Melacak Ponsel Smartphone Yang Hilang

Baik smartphone berbasis Android atau iOS, sudah memiliki fitur untuk mengetahui keberadaan posisi smartphone. Fitur ini sudah otomatis menyala sebagai default. Yang penting untuk Android, kita senantiasa hapal akun Google dan password-nya, demikian juga di iOS dengan Apple ID-nya.

Jika smartphone hilang, segera lakukan langkah ini untuk menemukannya. Cara paling mudah untuk test, misal di Android, dengan membuka browser chrome, dan mengetik: find my phone. Maka tab pertama akan memperlihatkan posisi smartphone Android kita dengan memasukkan akun Google.

Untuk iPhone tinggal masuk ke icloud.com dan memasukkan Apple ID. Beberapa brand smartphone lain seperti Samsung dan Xiaomi memiliki fungsi pencarian yang sama.

Untuk mengaktifkan fungsi ini, dibutuhkan akun khusus yang harus kita buat, seperti Samsung mempunyai akun Samsung dan demikian pula dengan Xiaomi. Untuk smartphone Samsung bisa di akses lewat web di: findmymobile.samsung.com, dan Xiaomi di i.mi.com.

Dari semua fitur smartphone tersebut, baik akun Google, iOS, Samsung, Xiaomi, selain bisa untuk mencari posisi smartphone, juga bisa kita kendalikan untuk mengunci telepon, menulis pesan di halaman depan misalnya memberitahu smartphone ini dicuri, atau bisa juga menghapus isinya.

Tapi semua fitur ini hanya berfungsi jika smartphone masih dalam keadaan hidup dan terhubung dengan internet, dan juga belum dihapus datanya.

Kalau kita masih belum yakin dan mau menggunakan aplikasi lain, ada aplikasi pihak ketiga yang juga tidak kekurangan fitur, misalnya Cerberus, bisa memotret pengguna saat kartu SIM diganti, aplikasi bisa tidak terhapus, dan lain sebagainya. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store. (jsn/rou)

Sumber: detikINET

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel