Tips Sembunyikan Identitas Nama dan Nomor HP Pemanggil

Bila dilihat dari fungsinya, fasilitas CLIR (Calling Line Identification Restriction) yang ditawarkan operator banyak menuai kontroversi karena kawatir disalahgunakan untuk meneror seseorang. Tapi di sisi lain, CLIR yang mampu menghilangkan tampilan identitas nama dan nomor pemanggil juga menjadi hak pengguna untuk merahasiakan indentitas nomernya selama tak digunakan untuk tujuan yang merugikan orang lain.

Fasilitas CLIR tersedia atas kebijakan tiap operator, saat ini kartu IM3, Mentari, Matrix dan XL Bebas memberikan layanan gratis CLIR, cukup dengan perintah #31#nomer tujuan lalu tekan OK, maka Anda bisa melakukan panggilan dengan identitas tersembunyi. Pada layar handphone penerima hanya akan muncul display info ”ID with held”, “Unknown”, “Anonymous” atau “Private number”, tergantung dari tipe handphone yang digunakan si penerima.

Tapi tak semua layanan kartu GSM siap dengan fasilitas ini, ada juga beberapa operator justru menarik tarif khusus untuk aktivasinya. Namun sebenarnya kemampuan CLIR bisa diatur langsung dari handphone, intinya tak perlu bergantung pada fasilitas operator.

Berikut tips ringan untuk mengaktifkan CLIR dari setting ponsel:
  1. Dari hasil penelusuran, beberapa ponsel Symbian seri60, Nokia seri40 dan Sony Ericsson memiliki kemampuan setting CLIR. Tapi tak menutup kemungkinan beberapa merek ponsel lain juga mempunya fasilitas ini. 
  2. Fitur ini bisa dilihat dalam menu toos > settings.
  3. Lalu dilanjutkan dengan memilih menu calls.
  4. Pada ponsel Nokia, masuk ke menu send my caller ID, atau pada Sony Ericsson masuk ke show/hide my number.
  5. Nah pada opsi send my caller ID, ganti dengan opsi No. Otomatis Anda sudah bisa menikmati CLIR tanpa repot ketik perintah #31#.
  6. Visual panggilan yang berasal dari fasilitas CLIR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel