Telkomsel dan XL 'Berbagi' Kanal 3G

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memutuskan, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkomsel) dan PT XL Axiata (XL) harus berbagi Kanal 3G, masing-masing memperoleh satu kanal.

Sebelumnya, tiga operator yaitu Telkomsel, XL, dan Indosat beradu cantik untuk memperoleh sisa kanal yang tersedia di frekuensi 2.1GHz. Sayangnya Indosat harus tersingkir pada tahap awal proses seleksi. Telkomsel dan XL pun memasuki tahap selanjutnya, Tim Seleksi kemudian melakukan  evaluasi teknis, meliputi manajemen finansial dan kepatuhan regulasi masing-masing peserta.

Rumor beredar, salah satu peserta akan memperoleh dua kanal sekaligus. Namun melalui pengumuman dari Tim Seleksi 3G, kabar itu pun langsung tenggelam dan memutuskan, Telkomsel dan XL harus berbagi dengan memperoleh satu kanal di dua kanal tersisa pada frekuensi 2.1GHz.

Berdasarkan pengumuman peringkat, Telkomsel berada di urutan teratas sedangkan XL berada di urutan kedua. Dengan begitu, dalam kontes 'adu cantik' ini, operator merah (julukan Telkomsel) menjadi yang tercantik.

Setelah pengumuman ini, Tim Seleksi memberikan masa sanggah kepada peserta seleksi yang merasa keberatan dengan hasil seleksi ini pada 26 hingga 27 Februari 2013.

Hasil seleksi akan ditetapkan oleh Menteri Kominfo pada 5 Maret 2013. Kemudian, sebagaimana diatur dalam Pasal 23 ayat (2) PM Kominfo No.43/2012, pemenang seleksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan ketentuan:

a. Peringkat pertama hasil Seleksi sebagai Pengguna Pita Frekuensi Radio dengan rentang frekuensi radio 1970 - 1975 MHz berpasangan dengan 2160 - 2165 MHz; dan
b. Peringkat kedua hasil Seleksi sebagai Pengguna Pita Frekuensi Radio dengan rentang frekuensi radio 1975 - 1980 MHz berpasangan dengan 2165 - 2170 MHz.

Sumber: okezone.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel