Vine, Aplikasi Berbagi Video Singkat di Twitter

Kamis (24/1/2013) Twitter resmi merilis Vine, aplikasi yang menawarkan cara baru dalam berbagi video dalam sebuah tweet. Vine memberikan sensasi yang berbeda, karena hanya merekam video dalam waktu sangat singkat dengan durasi 6 detik.

Vine merupakan aplikasi terpisah dari Twitter, yang kini bisa diunduh gratis di Apple App Store untuk iPhone dan iPod Touch. Pihak Twitter mengatakan akan segera membawa Vine untuk sistem operasi lainnya.

Cara merekam dengan aplikasi ini cukup unik. Sentuh dan tahan layar ponsel Anda untuk merekam, dan lepaskan jari untuk jeda. Anda bisa mencari objek lain, lalu rekam lagi hingga durasi 6 detik itu terisi penuh. Hal ini akan membuat video di Vine seperti gambar format .GIF.

Untuk membuat lebih interaktif, Vine memberi fitur "Like" dan "Comment" dalam layanannya. Selain itu, pengguna juga dimungkinkan untuk pamer video singkatnya di Twitter dan Facebook.

Vine merupakan perusahaan rintisan (startup) digital yang diakuisisi Twitter pada Oktober 2012. Sehari sebelum diluncurkan, CEO Twitter Dick Costolo sempat membagikan foto durasi 6 detik di akun Twitter-nya yang direkam dengan Vine. Video itu menampilkan cara membuat steak tartare.

Video itu lantas menarik perhatian banyak orang dan media massa. Banyak pihak yang mengira Twitter akan segera merilis Vine, dan prediksi itu pun menjadi kenyataan.

Sumber: kompas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel