iPhone 5 Dukung Jaringan 4G LTE di Seluruh Dunia?

iPhone 5 memiliki fitur 4G LTE? Hal tersebut mungkin sudah diprediksi oleh semua orang. Namun, apakah fitur ini dapat dinikmati pengguna di luar Amerikas Serikat (AS)?

Seperti dilansir The Wallstreet Journal, fitur 4G LTE pada smartphone baru Apple tersebut konon bisa bekerja di luar Amerika Serikat dan Kanada.

Kemampuan yang satu ini terbilang unik karena kebanyakan smartphone 4G LTE akan beralih ke jaringan HSPA+ ketika diboyong keluar dari dua negara tersebut.

Sebabnya, berbeda dari HSPA+ dan 3G, frekuensi sinyal yang dipakai jaringan 4G LTE lebih terfragmentasi dan bisa berbeda jauh antara satu negara dengan yang lain. Di Amerika Serikat sekalipun, 4G LTE tidak bisa dipakai antar-operator seluler.

Hal ini pernah membawa masalah pada Apple yang tersandung persoalan embel-embel "4G" pada New iPad ketika dipasarkan di Australia dan Swedia beberapa waktu lalu. Padahal, kapabilitas 4G LTE pada perangkat yang bersangkutan tak bisa digunakan di dua negara itu.

Nah, pada iPhone 5, pertanyaan yang muncul adalah: apakah smartphone tersebut benar-benar bisa terkoneksi ke jaringan 4G LTE di semua negara?

Menurut perkiraan analis IDC John Bryne, ada sekitar 36 frekuensi LTE yang digunakan di seluruh dunia. Memproduksi chip multi-band yang mampu mendukung ke semua frekuensi tersebut adalah tantangan berat, meski secara teori bisa dilakukan.

Wallstreet Journal pun menyebut kemungkinan bahwa tidak semua operator menyediakan akses jaringan 4G LTE yang bisa dipakai iPhone 5. Asia disebutkan termasuk dalam daftar wilayah yang jaringan 4G LTE nya bakal didukung, di samping Eropa.

Di sisi lain, Samsung, rival besar Apple, pernah mengancam bakal memperkarakan produsen iPhone itu apabila merilis perangkat berkemampuan 4G LTE. Samsung adalah salah satu penguasa paten LTE, bersama dengan Qualcomm, Nokia, dan Ericsson.

Pabrikan asal Korea ini telah lebih dulu merilis perangkat-perangkat 4G LTE seperti Galaxy Note dan S III yang akan tersaingi jika Apple merilis iPhone 5 dengan kemampuan serupa.

Sumber: The Wallstreet Journal

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel