Indosat Luncurkan Unit Layanan untuk Koperasi dan UKM

Perusaahaan besar telekomunikasi Indosat telah membidik segmen koperasi dan usaha kecil menengah (UKM), dengan menyediakan layanan Indosat Solusi UKM, Senin (10/9/2012). Indosat mengklaim pihaknya menyediakan layanan yang sederhana dan bisa dikostumisasi.

Solusi untuk UKM ini baru dimulai bulan September 2012. Selama ini, Indosat memfokuskan layanannya ke segmen konsumen serta korporat. Mereka menggabungkan solusi UKM ke dalam divisi korporat. Namun, survei terbaru Indosat mencatat, segmen UKM dan korporat tidak dapat digabungkan karena ada kebutuhan yang berbeda.

"Karena itu kita butuh unit khusus untuk melayani segmen UKM," ujar Division Head Small Medium Enterprise Indosat Priagung Utomo.

Ia mengatakan, kebanyakan UKM hanya memerlukan layanan yang biasa digunakan segmen konsumen. Namun, ada pula UKM yang meminta layanan lebih tinggi dan bisa dikostumisasi.

Untuk solusi UKM, Indosat menyediakan layanan internet, telepon, dan aplikasi online, yang hadir dalam paket Mandiri dan Closed User Group untuk kelompok.

Data Kementerian Negara Koperasi dan UKM mencatat, ada 55,2 juta UKM dan 192.344 koperasi di Indonesia. Jumlah ini diprediksi terus berkembang pada 2014, UKM meningkat jadi 58 juta dan 200 ribu koperasi.

Priagung mengatakan, berdasarkan survei Indosat, industri agrikultur punya pasar yang besar. Sayangnya, agrikultur dinilai kurang melek teknologi. Industri pelayanan, seperti hotel, kafe dan restoran, dinilai paling potensial untuk mengadopsi teknologi informasi.

Sumber: Kompas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel